Kamis, 20 November 2008

THE STORY...

Rabu, 12 November 2008

Tuhan tahu... Tuhan melihat... Tuhan tidak tidur... ini adalah suatu kepercayaan yang kembali berkibar. Mungkin buat sebagian orang yang tidak percaya Tuhan, mereka gak perduli. tapi, entah kenapa, gue baru sadar bahwa jalan yang gue tempuh selama ini sebenarnya menuju suatu jalan yang selalu gue inginkan. Semua ini gak didapat karena kesempatan sekilas. harus melewati berbagai cobaan dan wawasan yang ngebuat gue bosen, cape, lelah, tapi semua itu terbayar ketika gue semakin ngerti, apa yang sebenarnya Tuhan rencanakan. Gue gak tahu masa depan, tapi paling gak, ngeliat ke belakang lagi, gue kaya ngeliat sebuah alur yang rada sulit gue ceritain ke orang lain... gue juga tahu kalo kesempatan ini mungkin hanyalah satu langkah ke depan untuk menuju semua impian gue. moga gue bisa melewati langkah baru ini, AMIN....

"AKHIRNYA GUE DITERIMA KERJA TETAP DI MAJALAH SEBAGAI FOTOGRAFER !!!"

---

ASAL USUL RADICALLDOCS

Saat menciptakan radicalldocs tahun 2003 gue gak pernah bermimpi bakal punya distro dan sebuah label record yang cukup dikenal, not for indonesia, im still little player in here. cerita pertama, awalnya gue cuma mau ngasih nama buat satu divisi baru di bawah label Abe Production, divisi ini bakal lebih mengerjakan film dan animasi independent, tapi dengan cara yang lebih nyeleneh. didapatlah nama radicalldocs... Radicall sendiri didapat dari nama klub motor dari surabaya, yang juga temen-temen dari Suzuki RGR Surabaya, radic_all_crew, mereka bilang, radic_all itu sendiri berarti radikal yang dilakukan untuk brotherhood, tentu dalam artian yang baik tapi sangar,,, bisa dibilang, "setia kawan sampai mati"... yah, radikal juga berarti nyeleneh pada tingkat tertinggi, melebih extreme lah... nah semoga, hasil dari radicalldocs itu nyeleneh luar biasa... beda dari yang lain... and then, untuk docs, yang pasti untuk document. Bisa film, musik, dan print ad...

Pertengahan tahun 2005, Lulus kuliah, ngebangun distro kecil... semakin lama semakin dikenal, thanks buat Adi Bombay... Tahun 2007, pindah ke daerah Stasiun Pondok Jati, diajak temen yang ternyata malah bikin susah dibanding untung... hehehe, i dont want said his name, if you know, just save it for yourself... After lot of struggle, i feel boring dan kayaknya koq kita cuma jalan di tempat. Bahkan bukannya kita semakin merapat akrab, malah semakin banyak clash of idealism,,, Uang dan Idealisme menjadi semacam momok yang membuat kita gak pernah bersatu,,, gue sadar kalau kaya gini terus, komunitas ini bakal mati pelan-pelan. contohnya, untuk acara dan kompilasi aja uang bisa jadi masalah, kolektifan gede dikit, dibilang kapitalis lah, mau cepet kaya lah. Harga udah naik bung, bisanya protes aja...

Bulan April 2008, tiba-tiba muncul ide bikin kompilasi, niatnya mau berdua sama teman, tapi kayaknya dia lebih sibuk nyari band2 gede. Ide awalnya cuma mau ngebuat sebuah alternatif kompilasi dengan kolektif termurah, 20 rb. Royalti 1 kaset per produksi (50 kaset), itu aja ribetnya minta ampun. Akhirnya, alternatif kedua yang dipakai, royalti jadi 4 kaset, dihitung 5rb perkaset. Karena kebanyakan ngirim royalti ke luar negeri, saat kompilasi ketiga, gue rubah lagi dan menaikkan harga, 30rb dan royati 5 kaset,,, ini harga Indonesia aja,,, kalo band luar, rahasia perusahaan,,, hehehe...

Lama juga kompilasi pertama kelar, Bulan Agustus baru kelar. Rilis 8-8-08... hampir 5 bulan ngumpulin 25 band... Rilisan kedua, thrash so hard lebih lama, 6,5 bulan, dari April ampe November 2008 baru kelar. Di balik itu, gue dapat banyak banget teman baru. Temen yang bisa gue ajak berbagi tentang musik dan komunitas... dan ini adalah salah satu langkah terbesar yang pernah gue ciptakan...

PHILLIPINE, Untuk di Phillipine sendiri, di Mindanao Island, South only, nama radicalldocs sudah seperti record paling gede di Asia. Memang sih, itu semua karena 7 band phillipine ada di kompilasi Bombing The State. salutnya mereka respect dan itu yang gue suka. Bahkan sampai sekarang banyak banget band phillipine yang mulai nge add myspace RD. Thanks buat Ose Explontoi yang memulai eksis dan Bodz yang bantuin ngenalin RD ke anak-anak phillipine... bahkan ada forum loh tentang RD,,, i heard it from a friend in Manila,,,

Asiknya, dari perkenalan dua orang dari phillipine itu, gue dikenalin lagi sama beberapa band eropa, dan terciptalah jaringan RD di eropa. Band Eropa pertama yang bikin gue salut, Niestroy, baik banget nih band, their vox name is Do, dia lah penyambung lidah gue... Kedua. Danforth, band hardcore asal prancis ini rada ribet kalau bikin kesepakatan tapi overall they great person,,, apalagi musiknya, top markotop... ada juga band dari Inggris, State Of Urgency, mantabz... Slapendehonden dari Belanda, Asik... Semakin ke sini, semakin banyak temen dari eropa,,, ini bisa jadi salah satu langkah penting yang gak bakal pernah terpikir bahwa ini adalah alur yang dibuat Tuhan buat gue di masa depan...

Sekarang gue mulai mencoba menjalarkan virus RD ke beberapa band lama Indonesia, back to roots, beberapa band memang sempat nolak RD,,, tapi gue gak peduli,,, suatu saat mungkin situasinya bisa dibalik... ingat nih, RD hanya ingin band-band yang mengutamakan kekeluargaan, RD diciptakan untuk membangun sebuah jaringan dimana gue dan band, sama-sama menikmati hasilnya,,, ikut kompilasi dengan duit 30 ribu, lo udah dapet royalti 5 kaset dan paling mantabz, lagu lo didenger di seluruh dunia, 3 benua tepatnya, Afrika dan Australia koq susah juga ya ???... Belom itu doang, kalo ada band yang mau bikin split, gue pasti coba ngedahuluin band-band yang ikut kompilasi,,, dan pastinya no way buat band-band yang ribet,,, Dan, Split-an gue GRATIS... tapi royaltinya 2 per 50,,, record miskin, hehehe...

Tahun ini aja gue udah rilis 12 project (6 kaset dan 6 CD),,, yang CD gak rilisdi Indonesia, banyak alasan kenapa gue gak rilis CD di Indonesia, beberapa diantaranya pembajakan dan collector item, CD belom ngalahin kaset untuk yang satu itu... Bukannya gue mau kapitalis, tapi di Indonesia, pembajakan gak pake respect. main bajak aja gak ngomong-ngomong....

Bulan Desember 2008, 18 rilisan siap menanti, kebanyakan 4 way split, thanks banget buat band yang mau join... kalo di itung-itung dalam 8 bulan (April-Desember) gue bikin RD jadi record label... sudah ada 30 rilisan, 20 rilis baru ada pada 3 bulan terakhir... Ada niat juga bikin 100 rilis dalam setaon... itungannya dimulai bulan Agustus, berarti masih ada 10 bulan lagi,,,tapi inget,,, semua rilisan gue distribusi sendiri,,, dan pastinya sulit untuk cari untung,,, nah, ini juga jawaban buat yang punya pikiran kotor,,, RD tuh gak nyari untung, RD cuma mau cari teman... Duit hanya alasan ketiga setelah pertemanan dan kenikmatan hati yang pengen gue dapet... Makanya gue gak terlalu ngoyo buat jualan kaset walaupun distribusinya udah lumayan... Buat gue, mendapat teman baru lebih menyenangkan daripada terlalu mikir untung rugi... buat yang merasa kalo RD bakal nipu soal uang kolektifan, terus terang nih, percuma juga gue cape2 bangun RD tapi cuma gue pakai buat main kotor kaya gitu... gak worthed lah...

kelar dulu deh asal usulnya.... cape juga ngetik sepanjang ini.... hehehe...

---

nah, langkah-langkah kecil sudah dilalui dengan perjuangan yang minta ampun susahnya... Tapi sekarang, gue bakal coba gunakan kesempatan yang satu ini,,, akhirnya gue dapat kerja tetap di majalah... Target taon depan, moga bisa keliling Indonesia,,, 2011, Insya Allah, RD goes to Europe... Satu hal lagi, gue yang sekarang ini gak bakal tercipta tanpa bantuan temen-temen di komunitas Scream, Frietzman, Minimalist dan Pademangan... Thanks banget buat adi bombay dan iil... thanks buat musuh-musuh gue,,, terima kasih banyak banget buat Babank Minimalist, atas supportnya... Thanks buat semua band yang pernah ikut project RD, tanpa kalian semua gue bukanlah apa-apa... terima kasih telah membentuk kepribadian gue jadi lebih dewasa dan selalu bersyukur.... ke depannya, gue mungkin bakal susah ketemu dengan kalian karena kesibukan... tapi gue gak bakal pernah lupa dengan kalian...

---

Wuihh... Jalan hidup memang sudah dialurkan,,, Mimpi keliling dunia sudah ada sejak kelas 3 SD... saat itu gue beraniin diri buat pergi dari Cipinang ke Ciledug sendirian, umur gue saat itu 8 tahun... ternyata itu awal bakat gue dalam traveling dengan modal nekat... Waktu SMP juga sempat ke Jogja jadi gembel Malioboro, dan saat SMA pernah nyobain ke Banten dan Lampung selama sebulan walaupun harus numpang di tempat salah satu teman,,, pernah juga jalan-jalan ke Gunung Krakatau,,, Sempat kerja di Bandung selama 6 bulan dan gak pernah bilang ke ortu... Well sudah 5 propinsi, masih sedikit sih, tapi pengalamannya mantabz bro,.. next target untuk Indonesia adalah Bali, Aceh dan Papua...

Beberapa langkah sudah gue lewati, punya mimpi, teman asia dan teman eropa, dan berbagai pengalaman dan wawasan yang membuat gue jadi seperti sekarang,,, Thanks GOD,,, oke, sekarang saatnya gue melangkah lagi... GLOBE, HERE I COME...

Tidak ada komentar: