Selasa, 04 Desember 2012

PARTIKEL...


gila !, hampir sebulan lebih akhirnya buku partikel karangan dee habis saya baca... dua sampai lima halaman setiap pagi, teman setia saya di kamar mandi... buku ini membawa saya ke tempat yang berbeda, di tanah sunda tapi tak terasa indonesianya... banyak bahasa2 baru, bahasa metafisika, bahasa fisika, bahasa biologi, kata endogen, sampai bahasa2 suku pedalaman amerika... belum pernah saya membaca buku yang membawa saya sangat jauh dari pemikiran logika... semua seperti nyata... dulu, buku terakhir tetralogi laskar pelangi (maryamah karpov) membawa saya berpetualang melintas samudra, petualangan macam bajak laut...  tapi ini beda jauh, buku parrtikel membawa saya melintasi dimensi, melintasi garis imajiner, melintasi bayangan saya tentang fiksi... mana ada ufo di indonesia, kasusnya sangat minim... di buku ini semua dijabarkan... 

zarah, tokoh utama buku ini menjadi idola fiksi saya... wanita keras kepala yang jago motret, suka berpetualang, mengajarkan saya bahwa hidup bukan tentang selalu mengeluh... menerima keadaan tapi tak lupa berjuang semakin keras setiap harinya... ia tahu tuhan hanya menunggu dirinya siap untuk menerima kejutan hidup berikutnya... hidup bagai permainan puzzle yang lama kelamaan menyatu... setiap cerita akan menciptakan cerita berikutnya sampai suatu ketika, cerita itu menyatu jadi sebuah hidup... saya juga diajarkan bagaimana menghormati alam, menghormati mahkluk hidup lainnya... mereka adalah puzzle terbesar dalam hidup manusia... kita saling berhubungan, harus saling berinteraksi, tahu kau, 97 persen gen manusia sama dengan orangutan... kita hanya dipisahkan oleh teknologi, bah ! bahkan tanpa teknologi, mereka sanggup menantang jaman... saya tak bisa bicara lebih banyak lagi, hanya membaca buku ini, kamu akan tahu rasanya berpetualang di dimensi lain... enjoy...

Tidak ada komentar: