Jumat, 20 Maret 2009

HERITAGE SOLO part 5.... (end)

Jakarta, 15 Maret 2009

Still about Solo... ternyata, nggak salah kalo solo pernah masuk sebuah buku dan menjadi salah satu dari 500 kota yang wajib didatengin... solo adalah keindahan klasik indonesia... kotanya kecil tetapi menyimpan berbagai keunikan tradisional kebudayaan jawa... modernisasi sudah masuk, tetapi solo tetaplah solo... heritage city...

batik udah jadi bagian warga solo... gak pernah sekalipun gue ngeliat solo hilang di jalan... batik adalah budaya wajib... ini adalah warisan... dimana2 ada batik... mall, masjid, alun2, jalanan, dll... penggunaan pun bukan lagi hanya untuk acara formil... sempet ngeliat jaket motor batik... wuih keren... selain pakaian, ada topi, gelang, ukiran sampe tempat laptop... lengkaplah solo jadi kota batik....
harga yang ditawarkan bervariasi... di pasar klewer dan laweyan, satuannya paling hanya keluar 30-50 rebu... di kampung batik kauman, harganya melambung tinggi... memang secara bahan, batik di kauman lebih berkualitas... asiknya, bisa ngeliat cara pembuatan batik tulis dan ngecap... di jual juga kaos2 batik dengan gambar2 lucu... yah, siap2 lah ngerogoh kantong dalem2 buat oleh2... hehehehe....

berkat ketelambatan gue... anehnya gue nemuin orang2 yang super baik... mungkin gue gak akan ketemu mereka kalo gue gak telat... well, god is there...
nongkrong di tempat orang2 yang gak gue kenal, dan sendirian adalah hal gila... tapi, untung gue backpacker, ceileh... lagipula masih di indonesia dan gue rasa solo bukan kota kriminal... orang2 solo tuh baik2 lah... sama seperti orang2 yang gue temuin malam itu...
menunggu pasar malam karena datang kepagian... mau gak mau, gue cuma bisa duduk di tepian jalan... beli rujak buat ganjel perut... lumayan... tiba2 ada bapak2 negor... "dari jakarta mas"...iya pak... dari situ kita ngobrol hampir 3 jam lebih...
menurut mas, makanan solo mahal gak ? / wah. relatif pak,,, tapi yang saya rasain, makanan di solo masih terjangkau.. kecuali nasi liwet di triwindu tuh yang mahal... / mmm... emang udah kemana aja mas di solo / banyak pak, ke keraton, kauman, klewer, macem2 lah... solo tuh banyak menyimpan kecantikan tersembunyi... / bener tuh mas, solo masih perawan walaupun udah mulai di colek2 / hehehe / beda dengan jogja yang udah mulai terkontaminasi modernisasi / iya sih / mas udah masuk keraton ?/ dari depan aja pak / wah sayang dong, di keraton itu banyak benda2 misteri loh / o yah, eh pak, katanya kalo bikin keris itu ada ritualnya ya ? / yaiyalah / bener gak kalo kemaluannya dimasukkin ke air keras / hehehe, betul mas / gak sakit pak ? / kan udah di kasih jampe2 / sakti juga tuh orang / hahaha....
itu salah satu penggalan obrolan kita... yah gak penting sih,,, tapi, seru aja....

Sebelum pulang ke penginapan,,, muter2 liat barang2 unik... ada orang ngikutin gue nih... badannya gede, rambut gondrong keriting, bewokan... waktu gue liat kaos2 lucu, dia ngeliatin terus... mampus gue nih, kena incer preman situ... tiba2 dia nanya... "dari mana mas ???"... dari jakarta... gue gak liat ke mukanya, serem abiz... dia nanya lagi... lama2 gue beraniin diri buat hadep2an... pas di-ngeh-in... walah, iki mas ari weh... wah udah sport jantung aja nih... ternyata ari temen sma... hahaha... gila udah lama banget gue gak ketemu ni orang... hampir 8 tahun... hehehe, ketemunya di solo... abiz itu, ngobrol deh ngalor ngidul... ternyata si mas punya toko mebel di solo... di situ, dia lagi coba jualan produk baru... unik2,,, mau liat... kontek aja ari di jl. kerinci dalam I no 1, sekip kadipiro, solo... nomornya 08572566222... mesen bentuk baru juga bisa...aaahhh...

pesawat landing dengan selamat... alhamdulillah...

naik lagi bus damri buat nyampe rawamangun... di atas bus... ketemu sama bapak2 asal makasar... di mulai deh pembicaraan yang gak penting.... mas, di jakarta ini, orang2 udah gak bisa jujur ya / wah gak ngerti pak, kalo saya bilang, mungkin bukan gak jujur tapi lebih gak pedulian, jadi ya kalo ditanya jawabnya asal2an / hmmm, bener juga tuh, kalo saya nanya jalan aja kadang tetep aja kesasar / saya sama temen kantor aja kalo nanya, jawabnya gak pernah jelas. tapi tetep sih pak, masih ada orang yang peduli kalo ditanya, mungkin juga karana kota jakarta tuh tempatnya orang kerja dan cari uang, jadi berkutat dengan kesibukan sendiri2 / bener tuh mas, tapi kalo gitu terus, kasian orang2 daerah yang baru dateng nih. saya waktu pertama kali ke jakarta aja, kesasar terus / hahaha... / yah moga kita2 yang masih peduli sama orang bisa merubah budaya ini mas / aaammmiiinnn.....
si bapak yang satu ini doyan cerita,,, seru lah,,, murah senyum lagi... moga ketemu lagi pak...

jam 10 pagi, sampe juga di rumah... badan cape banget... saatnya tidur.....

Tidak ada komentar: