Senin, 07 November 2011

FIRST ASCENT 3.0.... SINGAPORE....

Singapura 18 Oktober 2011

malam sebelum saya pergi, masih rada deg2an juga... takut kalau ada hal yang gak diduga... padahal packingnya sudah dari hari kamis... mulai deh, cek dan ricek lagi... semua detail gak terlewat... bahkan lagu2 di ipod harus update biar gak bete... charger dan peralatan mandi dilihat lagi... huff, akhirnya jam 10 malam saya pun terlelap...

azan subuh mulai bertalu, saya pun terbangun... pesawat ke singapura berangkat jam 7 pagi... berarti, paling tidak saya harus tiba jam 5... sayangnya, saya baru berangkat jam 4:45... niat mau naik taksi pun di batalkan untuk menghemat pengeluaran... mau gak mau jalan satu kilo ke tempat angkot untuk menuju terminal dan berlanjut damri ke bandara...

jam enam saya sudah tiba dan mulai ribet dengan urusan tiket dan imigrasi... fyi, di tempat check in, petugas akan memberi kartu imigrasi... tinggal isi yang lengkap dan melaju ke pintu imigrasi... siapkan paspor, kartu imigrasi dan boarding pass... oiya, boarding pass di bandara cengkareng untuk perjalanan keluar negeri sebesar 150ribu... jauh lebih mahal dibanding boarding pass di singapura yang hanya SGD 3, sekitar 21ribu...

setelah cap imigrasi menempel di paspor, lanjut deh ke boarding gate... lumayan jauh buat penerbangan airasia... di perjalanan menuju boarding gate, saya menukar uang, saat itu kursnya 7150 per sgd... saya pun menukar uang sebesar 715000 menjadi sgd 100... semoga cukup ya...

ups almost forget, happy birthday dude.... :)

...

info, sebenarnya dapat tiket murah ke singapura gampang banget... beli aja beberapa bulan sebelum keberangkatan... saya mendapat harga 600ribu untuk tiket bolak balik... itu saya dapat empat bulan sebelum berangkat... jadi kalau mau mendapat tiket yang lebih murah, beli saja yang lebih jauh waktunya... tapi terkadang ada harga2 promosi, seingat saya airasia pernah promo tiket singapura bolak balik hanya sebesar 200ribu.. sebenarnya harganya gak jauh beda sama liburan ke bali, tapi kalau ke singapura sudah keluar negeri, hehehe... harga tiket antar penerbangan juga gak jauh beda, tapi saya percaya airasia paling murah... lagipula saya belum pernah mendengar pesawat airasia kepleset... jadi insya allah aman...hehehe...

...

jam 10 siang saya tiba di singapura, langsung kebingungan soal imigrasi... bertanya sana sini pada beberapa orang, ternyata gak sulit koq... kita harus mengisi form imigrasi singapura, bentuknya hampir sama dengan kartu imigrasi yang di cengkareng... kelar mengisi form, langsung ke gerbang imigrasi... gak lama, tanpa nanya macem2,cap visa pertama saya pun menempel di pasport...oiya, imigrasi singapura memberi setengah halaman dari form, ini jangan sampai hilang karena akan dipakai saat pulang nanti...

amazing juga lihat bandara changi... gedenya seampun ampun tapi untungnya semua tempat mempunyai penunjuk arah yang akurat, jadi gak takut nyasar... di beberapa tempat, serasa berada di tempat perbelanjaan, banyak toko dan cafe berseliweran... bersih dan modern, mungkin hanya bandara sultan hasanuddin di makassar yang hampir sama bagusnya dengan bandara changi, walaupun masih kalah gede... ini menurut saya loh...

untuk menuju mrt, penumpang harus menuju terminal dua dengan sky train... setelah itu, harus membeli tiket mrt... fyi, mending beli kartu ez link sekalian karena bisa lebih hemat... contohnya bila naik mrt ke raffles dari changi dengan kartu standart, kena sgd 3, sedangkan dengan ez link, cuma bayar sgd 1,5... memang kartu ez link awalannya lebih mahal, harganya sgd 12... saya hanya butuh satu kali topup sgd 10 untuk tiga hari perjalanan, mungkin kalau saya pakai tiket standart bisa kena sgd 30... infonya di bawah nih...

...

kartu ez link bisa dibeli di ticket office, harga awalnya sgd 12, sgd 5 buat kartu, sgd 7 buat tiket mrt... harga segitu sangat cukup untuk dipakai keliling singapura dalam satu hari... saya bisa ke raffles, bugis, litlle india, marina bay, dan clark quay...karena hari pertama lumayan sering naik mrt, isi kartu saya hampir habis,,, saya harus mengisi ulang di hari kedua dan minimal isi ulang sebesar sgd 10... lumayan bisa saya pakai sampai pulang... total biaya mrt sgd 22... oiya, kartu ez link bisa dikembalikan lagi saat mau pulang ke jakarta dan dapat refund sebesar sgd 5...

oke, tujuan pertama saya adalah raffles places... mau numpang narsis di merlion park dan marina bay sands... tapi ceritanya di part dua aja ya... hehehehe....

Tidak ada komentar: