Sabtu, 24 April 2010

TOUR JAWA BALI 2010... PART 3...MALIOBORO NIH...

Jogjakarta, 3 maret 2010

wah, jarum jam sudah menunjukan pukul 2 di pagi hari... mata sudah mulai lelah, tapi saya masih ingin bercerita dengan kata2, mumpung masih fresh di ingatan... untuk hari ini, tak ada kata yang lebih baik selain banyak bersyukur, terima kasih Tuhan, hari ini penuh dengan cerita dan petualangan... semoga masih panjang nafasku untuk melanjutkannya...

cerita kembali ke siang tadi... akhirnya, saya bertemu indra, teman saya di jogja... kita janjian di food court malioboro mall... wah, ternyata dia bersama teman2 dari china... indra bilang, mereka juga akan manggung nanti malam... genre yang mereka mainkan punk rock... wah, jadi gak sabar melihat band punk rock asal china... oiya, buat info nih, salah satu tujuan saya ke jogja adalah menyaksikan acara musik anak2 jogja.... acaranya akan digelar malam hari, nah siangnya saya bisa jalan2 dulu...

kelar makan siang, saya dan teman2 menelusuri jalan malioboro... melihat pernak pernik unik yang diperjual belikan... wah, ternyata, jalan malioboro panjang juga ya... sejarahnya, jalan malioboro ini terbentang menjadi garis imajiner kota jogja dari stasiun tugu hingga gunung merapi... tapi, berkat pembangunan yang melesat, akhirnya jalan ini hanya berakhir di pasar beringharjo...



bosan juga nih, melihat barang2 malioboro yang kebanyakan sama... jadi, saya putuskan untuk berhenti untuk duduk dan menikmati suasana malioboro... jalan malioboro ternyata hanya menganut satu alur lalu lintas... jadi lalu lintas gak terlihat crowded... sebenarnya sih, jalannya cukup besar untuk dipakai 2 alur... tapi, karena jalan malioboro ini, jalan ramah wisatawan... sebagian besar jalannya berfungsi sebagai pedestrian dan jalur sepeda... ini terjadi sejak tahun 1980 an...



selain berjalan kaki, kita juga bisa menikmati suasana malioboro menggunakan becak atau delman... tarifnya cukup murah,,, untuk becak sendiri, sediakan uang sebanyak 5 ribu rupiah,,, sedangkan delman, harus merogoh kantong lebih dalam, range nya 20 ribu s/d 25 ribu... rute paling banyak diminta biasanya dari stasiun tugu sampai ke keraton, jaraknya sekitar satu kilometer... saya sendiri cukup puas dengan berjalan kaki... dengan begitu, saya bisa melihat beberapa keunikan lain... seperti, pembuat tato, pengrajin perak dan motif batik yang beraneka ragam... huff, tampaknya kaki saya mulai goyah... kita cari hotel dulu yuukkk...

hotel di daerah malioboro ini, banyak banget... ada yang berbintang, ada juga yang kelas melati... salah satu hotel yang terkenal, tentu hotel inna garuda,,, menurut sejarah, hotel ini telah berdiri sejak 1908... hotel ini menjadi salah satu saksi biksu perjuangan kemerdekaan indonesia dan sudah berganti nama sebanyak lima kali,,, hotel djokdja, hotel asahi, hotel merdeka, hotel garuda, hotel natour garuda dan yang terakhir hotel inna garuda... bisa jadi salah satu referensi menginap,,, tapi tentunya saya gak sanggup untuk bayar satu kamarnya, rate termurah saja, saya harus membayar 450 ribu... wah bisa tekor nih, hehehehe...

akhirnya saya kembali berkeliling malioboro untuk menemukan hotel yang cocok dengan kantong saya... kebanyakan, hotel melati yang saya masuki mempunyai rate 70 s/d 85 ribu permalam... itu untuk kamar tanpa AC,,, kalau mau pakai AC, ratenya jadi 150 ribu s/d 250 ribu... hmmm, cukup ramah dengan kantong saya, tapi saya masih ingin mencari lagi...



setelah satu jam berkeliling, saya menemukan penginapan termurah di jogja... ratenya hanya 30 ribu permalam... di asikin aja deh... penginapan itu bernama penginapan harum, letaknya berada di belakang hotel mutiara.. karena murah, jadi jangan berharap banyak... tempatnya sendiri tak terlihat seperti penginapan pada umumnya... bentuknya masih seperti bangunan tua... warna catnya pun sudah kusam dan alternitnya sudah mulai lapuk... agak creepy memang, apalagi penjaganya hanya seorang ibu tua... wah jadi takut nih... ketakutan paling besar tentu saat ke toilet yang berada di ujung rumah... tempatnya juga gelap, yah, jadi uji nyali deh... kamar yang saya tempati juga hanya terdiri dari satu tempat tidur, sebuah bantal kecil dan kipas angin mini berukuran 20cm... hehehe,,, tapi jangan takut, yang penting murah....

oke, kelar bersih2, saatnya gaul di malioboro saat malam hari... ternyata, di malam hari, malioboro lebih crowded... banyak anak muda yang menghabiskan malam... deretan penjual makanan juga diserbu pembelinya... ada shooting film juga, nah jadi bisa melirik selebriti FTV nih... hehehe... hati2 banyak copet !!!, sahut indra, mengingatkan,,, saya sendiri melanjutkan perjalanan ke tempat acara musik berada... untungnya, saya diantar indra... keday santay nama tempatnya, lumayan jauh dari malioboro... gak apa2, diasikin aja....

---



ah, acaranya berakhir dengan sukses... teman2 dari italia dan china membakar suasana... saya juga cukup puas bisa pecicilan di mosh pit... ditambah, hasil jepretan saya lumayan bagus2... terima kasih deh buat teman2 di jogja... huff, keringat mulai bercucuran nih dan lelah tak bisa ditampik... akhirnya saya memutuskan kembali ke penginapan bersama indra... sampai di penginapan, saya juga tak langsung menuju tempat tidur... bersama teman2 italia, saya mencoba menikmati suasana malam jogja lagi... tentunya, ditemani bir dingin dan kepulan asap rokok... di asikin aja ya....

ada cerita bodoh sedikit dari teman2 italia... karena, cuaca italia itu dingin, jadi mereka selalu merasa cuaca di indonesia selalu panas... padahal saya sendiri gak merasa panas... satu kipas angin di setiap kamar mereka pasti gak akan cukup meredam panas, walaupun mereka sudah buka2an baju... karena kepanasan, mereka gak bisa tidur,,, mulai deh, seluruh kamar penginapan dijelajahi... apalagi kamar lain ternyata gak dikunci, jadi bisa bebas celingak celinguk isi semua kamar, ditambah saat ini, gak ada tamu lain... awalnya. saya pikir mereka cuma mau lihat2 isi dalam kamar... ternyata mereka mau ngambil kipas angin lagi di kamar lain... hahaha,,, waduh, saya yang mau melarang malah jadi bingung... alhasil, kipas anginnya gak tersisa lagi di kamar lain... untungnya si ibu penjaga sudah tidur... kalau gak, saya bisa dikenakan denda nih.... ada2 aja nih orang bule.... siangnya pun kami langsung check out, tanpa mengembalikan kipas angin ke kamar sebelumnya.... hehehe....

pengeluaran nih...
makan siang : 15 ribu, karena saya makan di food court...
hotel : 30 ribu
makan malam : 5 ribu, makan nasi pecel 2 bungkus plus minum...
jajan : 10 ribu, sebagian besar buat membeli air mineral,,, di jogja, saya gak membeli cinderamata untuk menghemat pengeluaran...
totalnya 60 ribu...

Tidak ada komentar: