Jumat, 02 April 2010

TOUR JAWA BALI 2010...PART 2... JOGJAKARTA

Malioboro, Jogjakarta 2 Maret 2010

Huff, sampai juga di tujuan pertama, kota jogja... satu hal, jogja memanglah jogja... saya juga bingung mau ngomong apa tentang kesan pertama di jogja... terakhir kesini waktu saya masih SD, gak ada yang berubah dari jogja, walaupun agak sedikit lebih crowded...



turun dari kereta, saya mulai lapar... untungnya di depan stasiun lempuyangan ada angkringan khas jogja... sarapan dulu disitu... harganya memang murah, sarapan nasi goreng plus jahe susu cuma bayar 5 ribu... tapi, porsinya gak sebanding dengan badan saya, hehehe... budaya ankringan sendiri sebenarnya mulai ramai di jakarta... harganya gak jauh beda dengan harga jogja, walaupun porsinya tak sebanyak di jogja....

oiya satu tips nih, kalau bingung cari tempat, jangan bertanya sama tukang ojek atau tukang becak... bukannya kasih solusi, mereka malah menawarkan jasa... lebih baik bertanya ke tukang warung atau angkringan... seperti saya, ketipu juga... stasiun lempuyangan sebenarnya tidak jauh dari malioboro... kalau ditempuh dengan jalan kaki memakan waktu sekitar 15 menit... karena saya gak tahu arahnya, saya naik ojek saja dengan membayar uang sebanyak 6 ribu rupiah... yah, ternyata cuma 5 menit saja saya sudah sampai....



wuff, sampai juga di malioboro, inilah the famous streetnya kota jogja... sayangnya, waktu masih menunjukan pukul 9 pagi... karena masih pagi, mall2 belum buka dan toko2 masih tutup... saya jadi bingung, mau kemana... sebenarnya saya memutuskan untuk hunting foto sambil menikmati pagi hari menelusuri jalan malioboro... eh, ternyata saya melihat halte trans jogja... akhirnya rencana hunting saya tunda dulu dan memutuskan untuk keliling jogja naik trans jogja... berangkkkaaaattt....



trans jogja memang tidak sebesar trans jakarta... haltenya saja kecil, kira2 5 x 3 meter... tapi rutenya lumayan lengkap, jadi bisa keliling kota jogja... tiketnya cuma 3 ribu perak sekali naik, lumayan murah buat wisatawan... tinggal pilih mau kemana... ke UGM, bandara, stasiun, terminal, ambarukmo plaza, pokoknya lengkap deh... nah, setelah banyak bertanya sama petugas, saya memutuskan buat ke candi prambanan... menurut petugas trans, menuju prambanan memakan waktu 1 jam... hmmm, bolehlah.... yuuukkk berangkkaaattt...

transjogja dibagi menjadi beberapa rute... saya naik bis dengan rute 1a... saya harus menunggu bis sekitar 15 menit di halte... setelah bis datang, saya langsung naik... ternyata, bisnya gak sebesar busway yang segede gaban... ukurannya gak beda sama bis patas biasa... yang bikin nuansa berbeda di trans jogja adalah keramahtamahan petugasnya... dengan logat jawa yang medok, saya mendengarnya rada lucu tapi boleh juga, jadi ciri tersendiri... coba busway juga bisa ramah kaya gini... mimpi aja deh... sistemnya mirip seperti busway, berhenti di tiap halte... sepanjang jalan, saya melihat kota jogja secara keseluruhan.... wah banyak banget objek yang mau di foto, tapi karena nanggung untuk berhenti dulu, saya lanjutkan saja perjalanan langsung ke prambanan...

info nih,,, trans jogja ini beroperasi sejak februari 2008... awalnya harga tiket cuma seribu rupiah, sekarang sudah mengalami kenaikan seharga 3000... layanan trans jogja bisa dinikmati dari jam 6:30 sampai jam 21:30... kalau mau tahu trans jogja secara lebih detail, klik aja ke transjogja.net...

---

CANDI PRAMBANAN



wuih, sudah berapa juta tahun lalu rasanya saya gak kesini... perasaan, dahulu kala, prambanan gak segede gini... prambanan ternyata lebih megah dibanding yang saya bayangkan... gak nyangka euy, dari pintu masuk sampai kompleks candi, saya cuma bisa bengong melihat kemegahannya... keren lah pokoknya... hehehe, lebay ya ?... ya memang lebay, buat yang sering lihat monas saja seperti saya, melihat candi prambanan pasti lebih dashyat... monas mah lewat... hehehehe...



keliling kompleks candi prambanan lumayan bikin dehidrasi... apalagi terik panas jogja memang lagi anteng2nya... jangan lupa untuk membawa air minum kalau melancong ke sini... untuk tambah2 ilmu, saya juga masuk ke setiap candi, biar bisa mengerti sejarahnya.. masa lihat2 doang, apa kata dunia, hehehehe,,,

menurut legenda, prambanan itu dibangun oleh bandung bondowoso karena cintanya sama seorang putri bernama roro jonggrang... ceritanya, dia bikin ini semua hanya dalam satu malam agar bisa menikah dengan sang putri... sang putri meminta 1000 patung... sayangnya sang putri main curang, si bandung pun marah dan mengutuk roro jonggrang menjadi patung yang ada di candi brahma... candi brahma adalah yang terbesar, posisinya ada tepat di tengah kompleks...

tapi, menurut penelitian, candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh salah seorang dari kedua orang ini, yakni: rakai pikatan, raja kedua wangsa mataram I atau balitung maha sambu, semasa wangsa sanjaya.... ditemukan lagi sama orang belanda pada tahun 1733,,, sekarang, candi ini adalah sebuah situs yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1991.... berarti kompleks ini terlindung dan memiliki status istimewa... oiya, candi prambanan tercatat sebagai candi hindu terbesar di asia tenggara dengan bangunan utama setinggi 47m.,, wow, begitulah sejarahnya, diasikin aja....



pada tahun 2006, jogja dilanda bencana gempa bumi... candi prambanan juga terkena imbasnya... beberapa candi terlihat rusak dan sedang direnovasi... patahan2 yang masih ada didiamkan sesuai dengan tempat jatuhnya saat gempa, agar juga menjadi sejarah akan gempa bumi jogja.... huff, tampaknya panas sudah mulai keterlaluan teriknya, jadi saya sudahi saja tour prambanannya....

---



oiya, for info, walaupun petugas transjogja bilang rutenya ke prambanan,,, ternyata berhentinya bukan tepat di prambanan, tapi harus jalan kaki sekitar 1 kilo lagi, buat yang malas jalan kaki, bisa naik becak atau ojek motor... buat arahnya, tanya saja sama tukang warung atau petugas transjogja... diasikin aja...

---

okay, setelah keliling prambanan dan muter2 di jogja naik trans jogja, saya sudah sampai lagi di malioboro,,, sekarang, lagi ngadem dulu di masjid DPRD jogjakarta, malioboro... sedikit lagi saya harus ketemu indra, host di jogja... yang bakal ngasih tahu everything tentang jogja... tidur dulu aja ya....

Tidak ada komentar: