Sabtu, 24 April 2010

TOUR JAWA BALI 2010... PART 4... MENUJU KARTASURA...

kartasura, 4 maret 2010

oke, saya sekarang sudah sampai di kartasura, letaknya gak jauh dari kota solo... niatnya cuma mau silahturahmi bertemu host saya waktu backpack heritage solo tahun 2009... sight seeing di kartasura pun hanya sekitaran rumah host dan hotel...

kartasura ternyata bebas macet, begitulah kesan pertama saya pada kota ini, lalu lintas lancar banget... asik juga nih, udaranya jadi lebih segar... kalau mau makan pun, angkringan banyak tersedia... tapi, lewat jam 10 malam, suasana makin sepi... jadi susah cari cemilan... tapi gak apa2 deh, diasikin aja...

---

PASAR BERINGHARJO

... saat pagi di malioboro, saya keliling2 dulu... melihat aktivitas malioboro di pagi hari... sempat juga masuk ke pasar beringharjo... jam 8 pagi saja sudah ramai... pasar beringharjo adalah pasar tradisional terbesar di jogja... pasar ini sudah berdiri pada tahun 1758, dan baru dijadikan gedung sekitar tahun 1925... beringharjo sendiri berarti pohon beringin yang mengayomi, ini disebabkan dahulu kala, sebelum berbentuk gedung, pasar ini dipenuhi pohon beringin dan masyarakat menjadikannya pelindung dari sinar matahari... lambang pohon beringin juga menjadi lambang kebesaran dan pengayoman... nama itu diberikan saat sultan hamengkubuwono IX memerintah yogyakarta... gitu sejarahnya, makanya jangan lupa asikin pasar beringharjo kalau ke malioboro...

sayangnya, karena keterbatasan waktu, saya gak bisa melancong ke keraton jogja... diasikin aja... kelar keliling2, saya langsung kembali ke penginapan, buat siap2 berangkat ke solo...

---

huff, panas kota jogja memang lagi teriknya, apalagi saya harus kembali naik kereta yang berjubel... untungnya, menuju kota solo dari jogja hanya butuh 1 jam, jadi gak terlalu lama merasakan penderitaan, hehehe... info nih, harga tiket kereta jauh lebih murah dibanding naik bus, harga tiketnya hanya 7 ribu, sementara bila naik bus, kita harus merogoh 13 ribu dari kantong dan memerlukan waktu 2 jam untuk sampai di solo... keretanya sendiri dikenal dengan sebutan kereta pramek, gak jauh beda dari KRL jakarta, tapi lebih bersih...

sampai di stasiun solo balapan, saya sudah dijemput anggit dan ian... langsung saja saya diajak sight seeing di solo - kartasuro naik sepeda motor... maaf nih, karena saya gak niat untuk jalan2 di kota solo, bisa baca sight seeing saya saja di tulisan2 heritage solo sebelumnya... niatnya kan cuma silahturahmi jadi jalan2nya sebentar saja... hehehehe...



wah, matahari mulai menutup mata, saya harus segera mencari hotel... di solo dan kartasura ini, banyak banget penginapan murah atau yang biasa disebut guest house... ratenya bervariasi tapi masih cocok buat kantong tipis, kisaran 30 ribu s/d 60 ribu... berkat anggit, saya dapat penginapan murah seharga 33 ribu permalam... nama penginapannya hotel solo barat, berada di jalan adi sucipto, solo...



jangan berharap banyak dengan harga semurah itu... kamarnya sendiri memiliki satu tempat tidur besar yang lengkap plus kipas angin... lumayan, bisa puas tidurnya... kamar mandi pun ada di dalam kamar, tapi tanpa atap... hehehe... hati2 ada yang ngintip... oiya, satu lagi, seperti biasa, rada creepy deh hotelnya... jadi kalau takut, ngobrol aja dulu sama penjaganya sampai ngantuk... saya sendiri, mungkin akan baru tidur pukul 2 pagi... gak apa2, diasikin aja... besok saya ke kediri... lumayan jauh nih perjalanannya... diasikin aja lagi....

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tempat penginapan solo barat mana mas?